NGE-BAND, SIAPA TAKUT ?

14 08 2009

Banyak cara yang bisa kita lakuin untuk menyalurkan ‘darah muda’ kita yang sedang bergejolak ini. Daripada terjerumus mencoba hal-hal yang enggak baik, kenapa nggak coba nge-band aja? Saat ini untuk bikin sebuah grup band, kita gak usah harus punya alat-alat musik sendiri. Boleh sih punya sendiri asal  siap-siap aja kantong kita jebol karena harga alat-alat musik itu lumayan mahal untuk ukuran dompet kita yang gak tebal-tebal amat. Cukup dengan uang Rp. 10.000 – Rp. 20.000 kita udah bisa nge-band di studio musik yang sudah menjamur di sekitar kita selama satu jam.

Sebagai pemula, tidak salah kok untuk memainkan musik atau lagu milik grup band yang sudah terkenal. Itung-itung sebagai latihan untuk bisa bermain musik dengan lebih bagus. Namun, tentunya kalo kita serius jangan takut untuk ngecoba buat musik atau lagu kita sendiri. Dengan buat musik sendiri, kreativitas dan kemampuan bermusik kita semakin terasah. Gak usah terlalu mikir apakah musik atau lagu ciptaan kita itu bagus atau tidak? Yang penting terus asah kemampuan kita tersebut.

Salah satu cara untuk terus mengasah kemampuan bermusik kita adalah dengan mengikuti festival-festival musik yang semakin sering diadakan di kota kita ini. Modalnya cuma satu, pede aja lagi! Dengan sering ikut festival kita bisa ngukur apresiasi orang lain terhadap musik yang kita main. Kuping kita gak perlu merah jika ada orang yang mengkritik penampilan atau musik kita. Anggap aja kritik itu sebagai cambuk yang melecut kita untuk terus bermain musik dengan lebih serius.

Cara lain yang bisa kita tempuh untuk memperkenalkan grup band kita adalah dengan ngirimin demo musik atau lagu milik kita kepada radio-radio yang ada di sekitar kita. Perkembangan teknologi saat ini semakin mempermudah kita untuk merekam musik yang kita mainkan hanya dengan seperangkat komputer atau bahkan handphone. Ada satu tips gokil yang bisa kita lakuin jika lagu kita udah pernah diputar di sebuah radio, sering-seringlah minta lagu tersebut di setiap acara radio tersebut dengan berlagak seperti fans atau penggemar. Semakin sering lagu kita diputar akan semakin terkenal grup band kita.

Ada lagi cara agar grup band kita semakin dikenal, buatlah situs internet grup band kita. Kita bisa manfaatin hosting gratisan seperti yang disediakan di www.wordpress.com, www.blogger.com, www.multiply.com, atau www.youtube.com. Di situs itu kita bisa nampilin tentang semua hal yang terkait dengan grup band kita. Termasuk kita bisa menampilkan lagu-lagu yang kita buat agar bisa didengar, dilihat, atau di-download oleh orang lain. Grup band The Changcuter termasuk grup band yang terkenal setelah mereka memajang hasil karya mereka di situs internet gratisan mereka.

So, tunggu apa lagi, ambil gitar lalu mainkan musikmu !!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: