EKSKUL

Ekstra kurikuler merupakan kegiatan tambahan di luar jam sekolah dengan tujuan menyalurkan bakat dan minat siswa. Ekskul yang ada di SMA Islam Ahmad Yani diantaranya yaitu :

1. MARCHINGBAND “BAHANA QOLBU”

Bahana Qolbu

Bahana Qolbu

Ekskul Marchingband merupakan ekskul andalan di SMA Islam Ahmad Yani Batang. Ekskul ini dibawah bimbingan Pak Andi Sabarudin S.Pd. Kegiatannya dilaksanakan dua kali dalam satu minggu, yaitu tiap hari Senin dan Kamis tiap pulang sekolah, atau sekitar jam 14.00 – 16.00 WIB. Hari Senin dikhususkan untuk latihan anggota Marchingband kelas X, sedangkan hari Kamis untuk latihan kelas XI. Untuk anggota kelas XII tidak diikutkan karena difokuskan untuk menghadapi ujian nasional.

Marchingband Bahana Qolbu SMA Islam Ahmad Yani telah menelorkan prestasi di tingkat kabupaten, yaitu juara III Marchingband tingkat pelajar dan umum se-Kabupaten Batang. Alhamdulillah, sampai sekarang ekskul ini masih eksis, dan telah diakui masyarakat sekitar dengan banyaknya acara-acara kemasyarakatan yang melibatkan Marchingband Bahana Qolbu sampai sekarang.

Persiapan Karnaval 17 Agustus

 

Latihan Marchingband di Sekolah

Latihan Marchingband di Sekolah

Aksi Bahana Qolbu saat Lomba

Aksi Bahana Qolbu saat Lomba

Suasana gembira saat menang lomba

Suasana gembira saat menang lomba

 

2. PRAMUKA

Ekskul pramuka merupakan ekskul wajib yang harus diikuti oleh siswa-siswi kelas X, terutama saat semester awal. Latihan pramuka dilaksanakan tiap hari jum’at jam 14.00 – 16.00 WIB. Tiap tahun pramuka pangkalan Ahmad Yani mengadakan PTA (Perkemahan Tamu Ambalan) yang diikuti oleh para siswa baru, sebagai bentuk latihan kedisiplinan dan menggalang rasa solidaritas sesama siswa dan masyarakat sekitar perkemahan. Agenda harian dan bulanan berupa latihan rutin tiap Jum’at, latihan gabungan (LatGab) dengan pangkalan lain, latihan ketrampilan dan lain sebagainya. Guru pembina pramuka untuk tahun ajaran 2008-2009 dipegang oleh Bu Naila Karima S.Pdi dan Pak Jamal S.Pd.

Mendirikan Tenda

Mendirikan Tenda

 

Suasana Kemah

Suasana Kemah

 

3. PALANG MERAH REMAJA (PMR)

PMR  merupakan ekskul sebagai ajang melatih kedisiplinan, melatih ketrampilan menolong sesama dan menjaga kesehatan lingkungan sekolah. Latihan PMR dilaksanakan tiap hari Rabu dengan pembina Bu Zayiroh S.Pd pada tahun ajaran 2008-2009. Ekskul PMR juga pernah menjuarai lomba PMR Wira tingkat kabupaten sebagai juara umum I pada tahun 2006. Dengan mengikuti ekskul PMR, para anggota diberi ketrampilan pertolongan pertama pada kecelakaan, tanggap bencana alam, penyelamatan korban bencana dan latihan mental serta lain sebagainya. Para instruktur ekskul PMR didatangkan dari instruktur PMI Batang yang sudah berpengalaman.

Pembina dan Instruktur

Pembina dan Instruktur

Latihan PMR

Latihan PMR

 

4. JURNALISTIK SISWA

Ekskul jurnalistik siswa bertujuan membangkitkan semangat menulis dan berkreasi bagi para siswa. Diharapkan dengan ekskul ini siswa dapat mengungkapkan pendapat serta gagasan dalam bentuk tulisan yang bagus dan enak dibaca. Hasil dari pelatihan ekskul jurnalistik dituangkan dalam wadah majalah siswa “Suluh”. Ekskul jurnalistik dibimbing langsung oleh guru mapel bahasa Indonesia, yaitu Bpk. Arif Rahman Hakim S.Si. Latihan dan bimbingan jurnalistik diadakan tiap hari Selasa jam 15.30 – 17.00 WIB bagi siswa kelas X dan XI.

Suasana Workshop Jurnalistik

Suasana Workshop Jurnalistik

Diskusi Jurnalistik

Diskusi Jurnalistik

 

5. TEATER “DETAK”

Seni merupakan kebutuhan manusia. Dengan berseni diharapkan menimbulkan kreativitas dan kelembutan perasaan. Untuk menjembatani kreativitas seni, maka dibentuklah ekskul seni teater. Teater SMA Islam Ahmad Yani diberi julukan “Teater Detak”. Teater detak telah berlaga mewakili kabupaten Batang dalam lomba teater tingkat.

6. BACA TULIS AL-QUR’AN (BTAQ)

Ekskul BTAQ diperuntukkan untuk siswa-siswi yang belum bisa baca-tulis Al-Qur’an. BTAQ diasuh oleh Pak Ulfan Arif S.Pdi dan Pak Abdurrazak sebagai guru mapel Pendidikan Agama Islam.

2 responses

5 10 2009
missidasensei

Baru tahu sekarang kalo ternyata hampir tiap tahun ada Lomba Debat Bahasa Inggris (English Debate Competition) tingkat SMU.

Sekedar usul saja gimana kalo di skul ada ekskul English Club yang bisa menjadi sarana memperbaiki dan melancarkan kemampuan speaking siswa. Baru kerasa minggu ini pas disodori ‘kewajiban’ ikut lomba debat…alangkah indahnya jika kita bisa lebih siap untuk tahun mendatang.

30 03 2011
seyvha keykho maemi

aku mau masuk pesantren ini donk, gimana caranya buat daftar lebih jelas?
makasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: